Sabtu, 18 Desember 2010

postheadericon CARA MERAWAT STICK PS


Kala kita punya rental, biasanya biaya operasionalnya yang tertinggi adalah dari biaya perawatan stick. Apalagi kala kita sendiri tidak mampu melakukan perbaikan sendiri, setiap ada kerusakan stick harus di bawa ke bengkel Ps. Sebenarnya kerusak an stick yang terjadi itu sangat senderhana dan seharusnya dan wajib kita bisa memperbaikinya, karena kalau tidak kita akan sangat di rugikan oleh hal ini. Sebenarnya kalo kita bawa kebengkel Ps pun paling-paling langsung ganti kabel, kalu sticknya beleng ya paling ganti analog dan karet, selebihnya dari itu mereka juga gak mau baiki karena biayanya bisa lebih mahal dari harga stick baru.

Sebelum masuk ke cara perbaikan stick, ada beberapa hal untuk pencegahan atau paling tidak ada usaha untuk mengurangi kerusakan stick tersebut,
1. Jangan menggulung kabel stick, melilit stick dengan kabel sangat beresiko terhadap putusnya kabel stick. Apalagi setiap menggulung salau kenceng dan berlawanan arah.
2. Ketika melepas dari consul pastikan pada pegangannya jangan main tarik kabelnya.
3. Kalu masukan k etas, usahakan consul dulu/disaku tasnya. Jangan sampai tertindas consulnya, analog bisa rusak.
4. Pakai stick asli seri A bisa 5 kali lebih awet, akan tetapi harga bisa 3 kali lipat dari harga stick TW. Stick asli biasa rusak pada dudukan R1 dan cassingnya jarang terjadi pada mesinya ataupun kabel dan analog.
Pake saja stick biasa (TW), kalau rusak ganti dengan kabel yang

asli, analog ganti pake bekasnya (biar bekas akan lebih awet dr pad beli yang baru tapi TW) stick asli yang rusak cassingnya.
6. Ingat kerusakan stick 80% bisa dibaiki sendiri dan 80% terjadi pada putusnya kabel, potang sekitar 10 – 20 cm dari stick, cek dengan avo meter/multitester kalau sudah gak ada yang putus kemuidian solder kembali di PCB stick.

Apa yang harus anda sipkan untuk melakuakn perbaikan stick.
1. Gunting
2. Cutter
3. Soldier dan Timah/tenol.
4. Multimeter/Avometer
5. Potongan Kuku

Cara Pengerjaan:
1. Kenali dulu jenis kerusakan, pasang dan maikan stick di consul. Mati total apa belling/jalan sendiri.
2. Kalo Cuma beleng, jangan di potong kabelnya. Buka dan bersihkan dalamya termasuk karet dengan air hangat atau lebh baik dengan alcohol 70%(beli di apotick) , gunakan cattum bud (korekan telinga).Periksa juga soldieran kabel apa ada yang konslet, pasang kembali. Kalau masih belling berarti analognya harus diganti, ganti dengan bekasnya stick asli yang sudah gak bisa di baiki (casing rusak)
3. Kalu stick mati total, biasanya ada kabel yang putus. Potong Kabel sekitar 10 -20 cm dari stick, cek satu persatu setiap warna kabel dengan Avometer pastikan samapi tidak ada yang putus lagi. Kalau kabel sudah dipotong dan dipotong lagi ternyata masih ada yang putus berarti harus diganti, Ganti dengan kabel asli, jangan diganti dengan kabel biasa lagi.
4. Cara pemasangan/penyoldieran, Sisa kabel yang kita potong tadi bisa kita jadikan acuan untuk melakukan pemasangan kembali. Lepas satu warna sisa kabel yang masih nempel di stick dan pasang kembali warna yang sama kebel yang sudah kita periksa dengan Avometer tadi, dan lanjutkan untuk warna lain satu persatu.
5. Kalau kita ganti dengan kabel baru, biasanya ada beberapa kabel yang warna / urutan kabelnya berbeda dengan kabel yang mau kita ganti. Untuk itu sebaiknya anda membuat catatan/table urutan di PCB stick dengan ujung kabel (jack) urutan no. 1 di PCB stick di jacknya urutan no. berapa, kabel no.2 di PCB stick di jacknya no. berapa? Dst….
6. Kalau kabel setelah dipotong dan dilakukan pengecekan normal tidak ada yang putus tapi stick mati total, berarti stik rusak mesin, gak bisa di baiki.
7. Kalau anda mau kreatif sedikit dan ini biaya lebih murah dari pada beli kabel asli Cuma agak ribet, coba trik ini, Ganti Kabel yang rusak dengan kawat email dan masukan kedalam selang kecil panjangnya terserah anda. Bongkar jack (kepala kabel stick dengan cutter dan obeng kecil, setelah kawat email di solder semua jangan lupa ada klam besi untuk menahan supaya selang gak tertarik keluar. Ingat gunakan Avometer untuk mengetahui ujung-ujungnya, dan solder di PCB satu persatu sesuai table urutan.
 


sumber:http://cia-ciaps2.blogspot.com/2008/10/tips-merawat-stick-playstation.html

0 komentar:

Search

Memuat...